Wednesday, February 15, 2012

Sore Hari Di Hotel Aston Tropicana... [Part2]

Seperti dipostingan yang sebelumnya, i've told you that i not only want to take a simulation of IELTS, but also i want to join Seminar Adam Khoo and Pameran Pendidikan dari SUN Education. So, the next trip that i want to share with you is SEMINAR ADAM KHOO (#jengg jengg) : D

Seminar ini seperti biasa dibuka dengan salam dan ditutup dengan kepulangan para peserta seminarnya(lho?). Sebenarnya seminar ini adalah semacam salah satu cara marketing dari PT Adam Khoo Learning Technologies Group yang didirikan di Singapore oleh pak Adam (baca: Adam Khoo). Kali ini, motivatornya bukan pak Adam, tetapi trainernya. yang sepertinya ga kalah mantepnya sama Pak Adam. Nama beliau adalah Mas Igor. #kenapa aku sebut "Mas"?? --> coz, sepertinya beliau belum married! :P

Oke, sebagai pemanasan Mas Igor (tapi sebenarnya dia lebih suka dipanggil Coach Igor, so, panggil coach aja deh) memperkenalkan tentang BRAIN. Kata Coach Igor, otak kita itu punya kehebatan yang luar biasa. Tetapi kehebatan itu harus ditunjang dengan penggunaan yang tepat. #what does it mean?! Maksudnya, harus ada asosiasi dengan kata lain kalau kita mau memaksimalkan fungsi dan kerja otak kita, maka sel-sel yang jumlahnya million and million yang ada di otak kita itu harus disering-sering digunakan, dihubungkan dengan sel yang lain, atau diasosiasikan dengan sel-sel otak yang lain. Kita bisa membuatnya bekerja seperti itu dengan memaksimalkan fungsi otak yang oleh manusia dibagi menjadi 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. As we know, otak kanan itu fungsinya lebih cenderung ke creativity, picture, something such fun, etc. Sedangkan kalau otak kiri itu untuk yang bersifat logic, mathematic, linier, step-step, etc. Nah, if you want to maximize your brain's capability, you have to do anything in your activities by using both of them, left brain and right brain. Sebagai perbandingan orang yang menggunakan otak kiri (kata Coach Igor), seseorang yang kamarnya rapih lalu dia tau dimana letak barang-barangnya. Lalu, kalau orang yang menggunakan otak kanan, katanya kamarnya berantakan, tetapi meski berantakan, kalau ada temannya yang bertanya dimana letak suatu barang didalam kamarnya, dia tetap tau, hanya saja ya itu..kamarnya berantakan.(#jleb banget, ayo kamu case yang mana??)

Setelah Coach Igor menerangkan soal otak kanan dan otak kiri, beliau juga menantang kami(para peserta) untuk menghafalkan 30 kata dalam waktu jus 2minutes, inget JUST TWO MINUTES Saudara-saudara!!!
Inilah kata-kata tersebut,

Yup.. itu 28 kata (#harusnya 30 kata sih, tapi 2nya lagi saya lupa..hehe)yang seharusnya dihafal dalam waktu 2 menit, tapi aku gagal dan akhirnya Coach Igor mengajarkan cara yang asyik untuk menhafalkan banyak kata dalam waktu yang sebentar tapi lama. #nah lho, bingung ga lo?!  Maksudnya, sebentar menghafalnya, lama hilangnya itu hafalan. Caranya adalah dengan menggabungkan tiga potensi dasar yang kita miliki:

  1. Visual
  2. Auditory
  3. Kinestetik
Iya, ketiganya adalah potensi dasar yang kita miliki, yang mungkin biasanya orang menganggap bahwa seseorang hanya berhak memiliki satu saja dari potensi tersebut. Ternyata ga lho! If you want to be success, you have to use third of them. Ya visual, ya auditory, ya kinestetik juga. Biar sesuatu yang dihafal itu tersusun rapi, kamu jadi butuh visualisasi. Untuk membuat hafalan itu tetap bersemayam dalam diri, kamu butuh auditory. Dan supaya metode menghafal kamu lebih menarik dan tidakk membuat kamu lebih mudah bosan, you need a kinesthetic metode. Kesemuanya itu akan membuat kamu lebih enjoy dalam menghafal, dan ga mudah lupa. tau buat orang yang punya impian jadi penyanyi, biasanya materi sekolah pun dijadikan ajang untuk mengasah skill menyanyinya, dia jadiin banyak kata yang kelihatannya sulit untuk dihafal, jadi lagu yang indah nan merdu jikalau dia menyanyikannya. Intinya, hal itu membutuhkan kerjasama dari 2bagian otak kita, kanan dan kiri. Ga bisa cuma jago di salah satu aja. 

Jadi, yuk mulai sekarang, kita maksimalkan kerja dua bagian otak kita, kanan dan kiri. Jangan menganak emas kan otak kanan laahh... masa dari pagi sampai sore di sekolah/ kampus, cuma otak kiri aja yang disuruh kerja. Tetapi kita juga seharusnya bisa berbuat adil sama kerja di dua bagian otak itu. Walaupun sebenarnya, tanpa kita sadari, terkadang otak kanan kita itu berkerja sendiri juga lho, kalau si otak kiri itu udah mulai mumet. Pernah ga kamu, suatu saat dikelas, lagi jenuh menrima materi kuliah dari dosen lalu tiba-tiba tangan kamu jadi iseng?! yang main-mainin pulpen lah, yang ngisengin temen lahh, sampai gambar-gambarin dosen yang lagi ngajar pakai rok, trus berkumis(#yang ini lebay). yaaa.. pokoknya itu deh, yang aneh-aneh.. Kalau pernah, berarti, itu si otak kanan lagi caper, lho.. dia lagi minta digunain. So, saat itu adalah saat yang baik untuk berimaginasi, berkreasi tentang materi yang saat itu kita terima, dengan sesuatu yang lebih berwarna, ga cuma hitam dan putih, but full color. That is time to make a better imagination of your lesson, guys. :)


#Di pojok kamar, Sukabirus 

No comments:

Post a Comment