Wednesday, February 15, 2012

Sore Hari Di Hotel Aston Tropicana.. [Part 1]

Sore hari itu, aku dan adikku (namanya 'Uu) pergi ke Hotel Aston Tropicana untuk menghadiri pameran pendidikan Universitas Luar Negeri, ada dari Singapura, Malaysia, UK, dan lain-lain. Sebenarnya alasan kami kesana tidak hanya sekadar menghadiri pameran pendidikan saja, tetapi kami juga ikut simulasi tes IELTS (International English Language Test System) dan Seminar Adam Khoo.

Pukul 14.30 WIB, langkah kaki aku dan 'Uu sampai di lantai dua hotel itu, dan langsung berpapasan dengan teman-teman sejurusan di kampus, kurang lebih ada 5 orang teman yang ikut acara tersebut. Mereka semua ternyata juga ikut simulasi IELTS. 
By the way, sebelumnya aku sebenarnya bingung tentang IELTS, TOEFL, EPRT, dan tes-tes yang lain itu apa bedanya sih? ternyataaaaa....

IELTS vs TOEFL
IELTS
  • International English Language Test System
  • Range nilainya satuan --> 4, 5, 6, 7
  • Di Eropa, khususnya UK (United Kingdom) tes ini lebih diprioritaskan 
  • Yang di tes: kemampuan Listening, Reading, Writing, dan Speaking
TOEFL
  • Test of English as a Foreign Language
  • Range nilainya ratusan --> 450, 500, 600
  • Di US(United State), TOELF digunakan untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris  
  • Yang di tes: kemampuan  Listening, Grammar, Reading, dan Writing 

Kalau EPRT dan TOEFL hampir sama. Dan yang mengagetkan adalah ternyata skor IELTS 6 sama dengan skor TOELF sebesar 600. #woww 

Simulasi tadi berlangsung secara sadis. Tiap part of test dikerjakan dalam waktu 10 sampai 15 menit. Yang pertama adalah tes listening, kemudian tes reading, grammar (pengganti speaking), dan writting. Sehingga, kalau ditotal, simulasi tersebut hanya dikerjakan sekitar 1jam saja.
Oleh karena itu, Saya dengan lantang mengakui kekuatan serangan dari soal-soal IELTS yang mantap! Saya speechless. Makin jelaslah bagi saya, bahwa ilmu dan kemampuan saya dalam berbahasa Inggris masih sangat,sangat, sangat kurang. 
Hasil simulasi tersebut, akan diumumkan via email. Semoga yang terbaik..


Dari sudut kamar di Bandung.

2 comments:

  1. Jadi kalo IELTS yang beneran ada speaking nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kata bapak2 yang ngasih penjelasan sih, kalo IELTS itu ada test speakingnya level mudah, sedang, sulit dengan orang yang fasih English-nya..

      Delete